CEDS UNPAD

Young Researchers Program 2014 - Akselerasi Pembangunan Industri di Indonesia

Bingung dengan judul skripsi/tesis? Ingin belajar dari peneliti senior di LP3E/CEDS? Ingin melakukan penelitian bersama sekaligus menuliskannya menjadi skripsi/tesis? Daftarkanlah diri anda pada Young Researchers Program 2014!

Young Researchers Program adalah program kerjasama antara LP3E/CEDS dan Prodi-prodi di Departemen Ilmu Ekonomi yang bertujuan mencetak mahasiswa menjadi peneliti-peneliti muda potensial dan sekaligus membantu penulisan skripsi/tesis mereka. Mahasiswa akan dilibatkan dalam research internship (magang) pada penelitian-penelitian dalam topik-topik yang telah ditentukan dimana sebagian dari hasil penelitian tersebut akan ditulis menjadi skripsi/tesis mereka.

Detail dari program ini adalah sebagai berikut:

  1. Program terbuka untuk mahasiswa S1 dan S2 yang dalam waktu dekat harus menulis skripsi/tesis.
  2. Durasi program adalah 2-3 bulan dimana diakhir periode, laporan penelitian serta draft skripsi/tesis sudah harus selesai.
  3. Peserta akan menulis paper bersama dengan tim peneliti senior (dosen) yang lain, dan salah satu tim peneliti akan menjadi pembimbing skripsi/tesis yang bersangkutan.
  4. Peserta akan mengikuti pelatihan khusus terutama terkait dengan alat analisis yang diperlukan dalam penelitian.
  5. Data untuk penelitian sudah tersedia dan peserta tidak perlu disibukan dengan pencarian data utama untuk penelitian ini.
  6. Program bersifat magang (internship), peserta berhak menggunakan semua fasilitas riset yang ada di CEDS/LP3E, berinteraksi dengan peneliti di CEDS/LP3E. Peserta tidak memperoleh remunerasi dalam kegiatan ini.
  7. Peserta mengisi formulir online dan yang paling potensial akan diundang untuk wawancara.

Dalam YRP dengan topik "Akselerasi Pembangunan Industri di Indonesia", akan dilakukan Deskripsi dan analisis  dengan menggunakan data mikro industri 2000-2012 baik berasal dari data survey maupun data sekunder BPS. Unit analisis tidak hanya industri manufaktur tetapi juga menyangkut industri lainnya seperti keuangan dan perbankan termasuk industri mikro, kecil, dan menengah (UKM). Kemudian metode analisis tidak hanya menggunakan Ekonometrika tetapi juga menggunakan metode matematika dan statistika multivariat  lainnya seperti analisis faktor, analisis kluster, multidiimensional scaling dan correspondence analysis, analisis spasial, path analysis dan structural equation modeling,  stochastic frontier approach (SFA), data envelopment analysis (DEA), cost-benefit dan impact analysis, dan metode lainnya yang relevan.Tim pembimbing terdiri dari:

  1. Prof. Rina Indiastuti,
  2. Dr. Maman Setiawan
  3. Dr. M. Purnagunawan

Sub-sub topik yang akan dikaji diantaranya:

  1. Industri unggulan dan pertumbuhan ekonomi
  2. Aglomerasi industri dan efisiensi
  3. Daya saing industri.
  4. Struktur, Perilaku dan Kinerja Perusahaan dan Industri
  5. Model Pembangunan industri dalam kerangka MP3EI.
  6. Optimasi Tingkat Impor industri nasional.
  7. Kepemilikan asing dan pertumbuhan industri.
  8. Bentuk fasilitas Industri dan Peran pemerintah.
  9. Model Pembiayaan industri.
  10. Perwilayahan industri dan transformasi ekonomi.
  11. Topik terkait lainnya.


Hasil penulisan dari kegiatan YRP ini akan dipublikasikan menjadi buku dengan judul "Akselerasi Pembangunan Industri di Indonesia" dimana peserta YRP juga menjadi penulis kontributornya bersama para pembimbing.

Untuk yang berminat pada YRP topik ini silahkan mengiri formulir di sini.

Photo Credit: henri ismail via Compfight cc

 

Find Us on Facebook

About Us

Center for Economics and Development Studies is a research center under the Department of Economics, Padjadjaran University, Indonesia. A leading research institute in Indonesia in the area of economics and development studies.
You are here: Home News Young Researchers Program 2014 - Akselerasi Pembangunan Industri di Indonesia